Metode Pembiasaan (Habit Forming) yang konsisten dan terprogram
Konsisten, dalam pembinaan akhlak, kemampuan berbahasa dan ritual ibadah. ( pembiasaan : sholat tertib dan tepat waktu, minggu bahasa, bersikap dan bertutur kata yang sopan)
Terprogram, menjalankan kegiatan pembinaan secara rutin dan periodik ( pembiasaan : perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan)
Metode Pembelajaran yang variatif, kreatif, inovatif, efektif dan aplikatif :
Variatif, dalam penggunaan berbagai media pembelajaran yang menunjang ( penggunaan lab. Audio-visual, musik, komputer, CD program interaktif dan lingkungan sekitar)
Kreatif, mengemas sebuah pembelajaran yang menyenangkan ( merancang media atau pembelajaran yang memadukan belajar dan bermain edukatif )
Inovatif, mengembangkan dan mengolah sumber belajar lebih dinamis ( mengolah dan mengembangkan sumber belajar menjadi lebih efektif sebelum disajikan )
Efektif, dalam penggunaan media dan waktu belajar ( pemanfaatan media yang ada secara optimal dan alokasi waktu yang terbatas ) Aplikatif, mudah digunakan dan dilaksanakan untuk pemahaman ( program pembelajaran yang disesuaikan dengan sumber daya, situasi dan kondisi sekolah )
Metode Empirik (Learning by Doing)
Melakukan pembelajaran praktek dalam laboratorium maupun di alam/lingkungan dengan penekanan siswa bereksperimen untuk dapat melakukan dan mengetahui.
Metode Amanah Kausatif
Digunakan untuk menanamkan sikap tanggungjawab bagi siswa akan apa-apa yang dikerjakan/dilakukan harus dipertanggungjawabkan secara individu maupun kelompok.
( penggunaan dan perawatan fasilitas sekolah, program sholat berjamaah, pergaulan dengan teman )
Metode Pendekatan Personal (Human Aproach)
Digunakan untuk mengatasi permasalahan individu dengan individu maupun kelompok dalam pergaulan sekolah, pembelajaran klasikal agar tercipta suasana yang kondusif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar